Dalam menghadapi kehidupan moderen manusia akan mudah terseret arus kehidupan hedonisme, materialisme dan konsumerisme. Jika lemah imannya maka akan mudah melakukan tindakan yang dilarang oleh agama demi memuaskan hasrat gaya hidup bermewah-mewahan. Padahal Rasulullah SAW telah mengajarkan supaya bersikap qana'ah dlm menghadapi hidup yaitu menerima dan menikmati apa yang diberikan oleh Allah. Keutamaan sikap qana'ah telah dijelaskan, "Man qana'a istaghna" artinya orang yang bersikap qana'ah maka ia akan merasa kaya. Jadi, sikap qana'ah sangat penting sbg prinsip hidup karena akan menjadikan hidup terasa lebih tentram dan nyaman.

PEMBANGUNAN GEDUNG KEDUA

Ulama Yaman: Saya Sangat Bersyukur di Indonesia Ada NU

Ulama asal Yaman DR (HC) Syekh Al-Habib Abu Bakar Al-Adni memuji model perjuangan Islam di Indonesia dan utamanya dalam mendidik kedewasaan masyarakat dalam pemahaman agama. Menurutnya, Islam di Indonesia secara umum sudah berada di jalur yang benar.

Read more ...

Generasi Rabbani

Terenyuh melihat santri-santri kecil tiap masuk waktu shalat fardhu tanpa disuruh mereka bergegas mengambil mic speaker untuk mengumandangkan adzan, tidak lama setelah itu teman-temannya yang lagi asyik bermain rela menghentikan permainannya lalu mereka ambil wudhu untuk mengikuti shalat berjamaah. ya Allah jadikanlah mereka generasi yang shaleh.

Kontroversi Murattal Langgam Jawa

Muncul kontroversi pembacaan al-Qur'an dalam peringatan Isra' Mi'raj di Istana yg menggunakan langgam Jawa. Pakar Qira'ah Rektor IIQ Jakarta Dr. KH. Ahsin Sakho berpendapat membolehkan membaca al-Qur'an dengan langgam Jawa sebagai perpaduan kalam Ilahi dari langit dan budaya manusia di bumi, selama tidak merusak tajwid dan makaharijul huruf. MUI Pusat KH. Ma'ruf Amin juga membolehkan membaca al-Qur'an dengan langgam jawa dg catatan tetap mengikuti kaidah tajwid dan panjang pendeknya. Silahkan menikmati salah satu Murattal Jawa dari pesantren Brebes tidak kalah merdunya dengan murattal arab.

Ketum NU: ISIS Jatuhkan Citra Islam

Medan - Nahdlatul Ulama menilai aktivitas yang dilakukan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (Islamic State of Iraq and Syria/ISIS) merupakan upaya untuk menjatuhkan citra Islam. Hal ini diungkapkan secara tegas oleh Ketua Umum NU, Said Aqil Siradj.

Read more ...

PBNU: Pemerintah RI Wajib Terima Imigran Rohingya Sebagai Langkah Darurat

Rais Syuriyah PBNU KH Masdar F Masudi mengusulkan Pemerintah RI untuk sementara menampung ratusan imigran etnis Rohingya. Sebagai langkah darurat, pemerintah RI perlu mengambil upaya ini sambil mendorong langkah-langkah diplomatis ke depan.

Read more ...

Makar

Keberadaan HTI telah dilarang di Malaysia. Kini beberapa daerah di Indonesia rame-rame menolak keberadaan HTI (Hizbut Tahrir Indonesia) yang bisa menjadi ancaman NKRI. Kenapa HTI ditolak ? Karena HTI menolak Pancasila, UUD 45 dan NKRI dan HTI ingin mengganti sistem Khilafah. Padahal sistem Khilafah ditolak di negara2 Timur Tengah. Pancasila yang dirumuskan oleh para ulama NU bersumber dari nilai-nilai dlm al-Qur'an. Dengan Pancasila umat Islam mendapat kebebasan menjalankan syariat Islam dan berhasil menyatukan NKRI. PBNU secara tegas menolak sistem Khilafah HTI dan dipersilahkan keluar dari Indonesia.

Qana'ah

Dalam menghadapi kehidupan moderen manusia akan mudah terseret arus kehidupan hedonisme, materialisme dan konsumerisme. Jika lemah imannya maka akan mudah melakukan tindakan yang dilarang oleh agama demi memuaskan hasrat gaya hidup bermewah-mewahan. Padahal Rasulullah SAW telah mengajarkan supaya bersikap qana'ah dlm menghadapi hidup yaitu menerima dan menikmati apa yang diberikan oleh Allah. Keutamaan sikap qana'ah telah dijelaskan, "Man qana'a istaghna" artinya orang yang bersikap qana'ah maka ia akan merasa kaya. Jadi, sikap qana'ah sangat penting sbg prinsip hidup karena akan menjadikan hidup terasa lebih tentram dan nyaman.

Persatuan Ulama Singapura Berharap NU Berdiri di Negeri Singa

Kehadiran organisasi Nahdlatul Ulama di sejumlah negara kembali diinisiasi oleh ulama lokal setempat. Setelah ulama Al-Jazair mendirikan Nahdlatul Ulama Al-Jazair pada 2014 lalu, kemudian disusul oleh ulama Sudan dan Mesir, kini  tokoh Islam Singapura berharap organisasi NU bisa didirikan di negeri Singa itu.

Read more ...

Tayangan Khazanah Tidak Berhenti Jatuhkan Ulama

Program Khazanah di salah satu stasiun televisi swasta kerapkali menayangkan materi yang tidak mendidik. Pihak pengelola program ini berupaya menjauhkan umat dari para ulama. Upaya ini ditempuh dengan melemparkan tuduhan keji kepada ulama.

Read more ...

Ekstremisme Ditegakkan Hawa Nafsu, Bukan Ilmu

Ketua  Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj mengatakan, saat ini warga NU perlu memperkuat basis keilmuan di kalangan umat Islam. Sebab, menurutnya, sejarah peradaban Islam tidak bisa lepas dari tradisi keilmuan yang kuat.

Read more ...

Muslim AS Minta NU Jadi Counter Opinion ISIS

Muslim Amerika Serikat ingin menjadikan Islam Nusantara ala NU yang ramah sebagai counter opinion bagi Islam di negaranya. Pasalnya, pemahaman Islam di AS berbeda dengan Indonesia.

Read more ...

Budidaya Ikan Lele

Alhamdulillah program entrepreneur budidaya ikan lele santri al-Rabbani Cikeas berjalan dg baik, insya Allah tidak lama lagi akan panen. ingat kalam hikmah, man yazra' yahsud artinya barang siapa yang menanam maka ia akan panen. semoga kalimat singkat ini bisa menjadi motivasi para santri untuk menjadi pribadi yg mandiri.

Indahnya Kebersamaan

Indahnya Kebersamaan bersama keluarga Salikat Akmaliah di al-Rabbani Cikeas

Read more ...

Husnudhan

Ber-husnudhan-lah kpd Allah krn Dia selalu memberikan yg terbaik untuk hamba-Nya. dibalik kesulitan berarti Allah sdg mengajarkan kita supaya bekerja keras; dibalik pahitnya cacian dan makian berarti Allah mengajarkan supaya merasakan nikmatnya sabar; dibalik penderitaan berarti Allah sedang menguji kualitas keyakinan kita; dibalik kesuksesan berarti Allah sdg mengajarkan kita supaya pandai bersyukur; dibalik tidak terkabulnya doa dan keinginan2 berarti Allah sedang mengajarkan kita supaya bersikap "sumeleh" yaitu mengalir dalam iradatullah sebab wa-llahu yaf'alu ma yuriid.

MATAN DKI Jakarta

Alhamdulillah sudah terbentuk kepengurusan MATAN DKI Jakarta yang berasal dari berbagai latar belakang mulai ustadz, intelektual, pengacara, pengusaha muda, ahli IT, ahli media, artis hingga mahasiswa/mahasiswi dari berbagai perguruan tinggi. Dengan bersinerginya mereka insya allah akan menjadi benteng utama dalam menjaga ajaran para ulama tasawuf dan tarekat di Indonesia.

Nurani

Tidak tega melihat perjuangan nenek asyani yang mencari keadilan, menangis histeris saat mendengar putusan hakim merasa dirinya tidak bersalah dan meminta hakim untuk sumpah pocong. nenek asyani orang kampung yg lugu merasa didzolimi dg tuduhan mencuri kayu jati, padahal nenek asyani sdh membantah bahwa kayu jati tsb diambil dari kebun milik sendiri dan kepala desa membenarkannya, namun hakim berpegang pada fakta hukum yg diajukan pihak perhutani, tp ada keanehan kayu jati yang dihadirkan di persidangan dibantah oleh nenek asyani bahwa itu bukan kayu miliknya. kasus ini seperti halnya orang baik dijahilin oleh org jahat tasnya dimasukin narkoba, maka polisi, jaksa dan hakim pasti akan menuduh org tsb sbg pengedar narkoba. inilah hukum, tapi diatas hukum ada nurani. semoga dg nurani org bisa bersikap bijak.

Membina Santri al-Rabbani

Senang melihat para santri yg masih usia kelas 3 SD rajin shalat subuh berjamaah. setelah itu, mereka melanjutkan program tahfidz al-Qur'an one day five ayat yaitu menghafal 5 ayat perhari, alhamdulillah hasilnya cukup memuaskan, semoga mjd bekal mereka sbg generasi Islam yg mencintai al-Qur'an dan mengamalkan kandungannya.

Program al-Rabbani

Alhamdulillah salah satu program al-Rabbani yaitu program islamic studies and research akan bekerja sama dengan BALITBANG Kementrian Agama Pusat dan JATMAN untuk penelitian dan pendataan tarekat-tarekat mu'tabaroh di seluruh Indonesia. semoga membawa manfaat.

Penyakit Hati dan Jiwa

Dalam teori tasawuf ada beberapa penyakit yg dpt mengotori hati dan jiwa salah satunya hubb al-jaah yaitu cinta pangkat dan kekuasaan. Orang yang sudah akut penyakit hati dan jiwanya karena terinveksi virus hubb al-jahh maka akan melakukan tindakan menghalalkan segala cara utk memproteksi kekuasaannya, spt menyingkirkan orang-orang yg dianggap kritis krn dianggap mengganggu kekuasaannya, mengebiri kader2 potensial, membuat aturan atau meniadakan aturan sesuai nafsunya utk melanggengkan kekuasaannya, bertindak refresif dan otoriter. Orang2 yg demikian sedang dlm kegelapan hawa nafsunya krn ambisi dan keserakahannya. Mereka tidak menyadari bahwa kekuasaan itu amanat yang bisa diambil sewaktu2 oleh Sang Pemilik. Betapa sakitnya hati dan jiwa saat kecintaan thdp pangkat dan kekuasaan dicabut secara paksa oleh Sang Pemiliki Kekuasaan, hanya Allah sebagai Penguasa yang abadi.

LAZISNU Bantu 3000 Bibit Lele

Pengurus Pusat Lembaga Amal Zakat Infaq dan Shadaqoh Nahdlatul Ulama (LAZISNU) memberikan bantuan sebanyak 3000 benih ikan lele kepada Pesantren Al-Rabbani Cikeas, Bogor, Jawa Barat.

Read more ...

Archive

Go to top