I'tikaf: Menjelang detik-detik final di bulan ramadhan baginda Nabi Muhammad Saw mengajarkan kpd kita supaya menghidupkan malam ganjil yg ditandai sebagai malam lailatul qadar yaitu dengan melakukan i'tikaf dan ibadah2 nawafil lainnya. Semoga kita dpt memanfaatkan sisa2 waktu sebaik mungkin. Jangan biarkan waktu berlalu sia2.

Program Lelang Tanah Waqaf

Pembangunan Lantai 3

Fatwa Sesat MUI Sumut Terbukti Kelemahannya

Konfrensi Pers Hasil Investigasi: kemarin (10/12/2014) tim investigasi Idaroh Aliyah Jatman yg dipimpin oleh Prof. Dr. KH. Abdul Hadi, MA menyampaikan hasil investigasi di Gedung PCNU Medan terkait fatwa MUI Sumut yg menyesatkan ajaran Syekh Arifin mursyid tarekat Samaniyah. Setelah melihat, meneliti dan mengkaji persoalan tersebut di lapangan secara mendalam, tim investigasi jatman memutuskan bahwa Thoriqoh dan Ajaran Syekh Arifin tidak bertentangan dg al-Quran dan Hadis, tidak sesat dan tdk menyimpang. Keputusan tsb ditanda tangani oleh tim investigasi, Habib Luhtfi selaku Rois Am Jatman, KH. Mu'thi Nurhadi selaku Mudir Am Jatman dan KH. Said Aqil Siroj selaku Ketua Umum PBNU. Ditambah lagi pelapor utama Arsyad yg mjd dasar MUI mengeluarkan fatwa sesat thdp ajaran Syekh Arifin tlh membntah di persidangan bahwa ajaran Syekh Arifin tdk ada yg menyimpang. Dengan demikian, dasar fatwa sesat MUI Sumut semakin terbukti kelemahannya.

 

Kajian Hadis: Jauhi Syirik

Kajian Hadis: Dari Anas bin Malik radhiyallahu anhu, ia berkata, Saya mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, Allah Taala berfirman, Wahai anak Adam, selagi engkau meminta dan berharap kepada-Ku, maka Aku akan mengampuni dosamu dan Aku tidak pedulikan lagi. Wahai anak Adam, walaupun dosamu sampai setinggi langit, bila engkau mohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku memberi ampun kepadamu. Wahai anak Adam, jika engkau menemui Aku dengan membawa dosa seberat bumi, kemudian engkau bertemu dengan-Ku (mati) dan engkau tidak menyekutukan Aku dengan sesuatu apa pun, niscaya Aku datang kepadamu dengan ampunan seberat bumi pula. (HR. At-Turmudzi, beliau mengatakan, Hadits hasan shahih.). Maha luas pengampunan Allah namun ada satu dosa yg tdk diampuni Allah yaitu syirik. Mari kita jauhi segala bentuk syirik baik yg samar (khafi) maupun yg nyata (jali).

Kajian Hadis: Memudahkan Urusan

Kajian Hadis: Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu dari Rasulullah shallallahualaihi wa sallam, bahwa beliau bersabda, Barangsiapa yang meringankan kesulitan dalam masalah dunia dari seorang mukmin, niscaya Allah akan meringankan kesulitannya di hari kiamat. Barangsiapa yang memudahkan orang yang sedang mengalami kesulitan, niscaya akan Allah mudahkan baginya urusannya di dunia dan akhirat. Barangsiapa yang menutupi (aib) seorang muslim maka Allah akan tutupkan aibnya di dunia dan akhirat. Allah selalu menolong hamba-Nya selama hamba-Nya menolong saudaranya. (HR. Muslim) Indahnya berbagi dan saling menolong sesama muslim.

Kumpul Bareng Bersama para Petinggi PBNU

Kumpul bareng bersama para petinggi PBNU

Kajian Hadis: Dicintai Allah dan Manusia

Kajian Hadis: Dari Abul Abbas Sahl bin Sad as-Saidi radhiyallahu anhu, ia berkata, Seorang laki-laki datang kepada Nabi shallallahu alaihi wa sallam lalu berkata, Wahai Rasulullah, tunjukkanlah kepadaku suatu perbuatan yang jika aku mengerjakannya maka aku dicintai Allah dan dicintai manusia. Maka, beliau bersabda. Zuhudlah terhadap dunia, pasti Allah mencintaimu. dan zuhudlah terhadap kenikmatan yang ada di tangan manusia, pasti mereka mencintaimu. (Hadits hasan, riwayat Ibnu Majah dan yang lainnya dengan sanad-sanad yang hasan). Zuhud adalah tidak meletakkan dunia di dalam hati dan tidak menjadikan manusia sbg tempat sandaran berharap dan meminta sesuatu. Tempat meminta dan berharap hanya kpd Allah krn Dia yg Maha Kuasa. Dengan demikian, niscaya hidup kita akan tentram.

Kajian Hadis: Mari Bersihkan Diri

Kajian Hadis: Dari an-Nawas bin Saman radhiyallahu anhu dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam, beliau bersabda, Segala kebaikan adalah akhlak luhur, sedangkan dosa adalah segala yang meragukan dirimu dan kamu tidak suka jika orang lain mengetahuinya. (HR. Muslim) Dari Wabishah bin Mabad radhiyallahu anhu, ia berkata, Aku telah datang kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, lalu beliau bersabda, Apakah engkau datang untuk bertanya tentang kebajikan dan dosa? Aku menjawab, Benar. Beliau bersabda, Mintalah pendapat hatimu. Kebaikan adalah segala yang menenteramkan jiwa dan menenangkan hati, sedangkan dosa adalah segala yang meragukan jiwa dan meresahkan hati, meskipun orang-orang memberikan fatwa yang lain kepadamu . (HR. Imam Ahmad bin Hambal dan ad-Darimi; hadits hasan). Mari bersihkan diri kita dari segala maksiat dan belenggu hawa nafsu. Jika demikian hati kita niscaya akan jernih dan bening krn sdh tdk ada lagi kotoran di dalamnya. Itulah sesungguhnya suara hati adlh suara Tuhan.

Kedatangan Tamu dari Perwakilan Tarekat Samaniyah Medan

Kedatangan tamu dari perwakilan Tarekat Samaniyah Medan.

Kantor al-Rabbani

Bismillah, menyelesaikan tugas yg tertunda di kantor al-Rabbani

Wali dan Mutawali

Kata Wali secara terminologi adalah orang yang dicintai Allah atau kekasih Allah. Sedangkan Mutawali menurut tinjaun etimologi adalah bentuk isim fail mengikuti wazan khumatsi mazid "Tafa'ala" yang memiliki fungsi idharu ma laisa fi waqi' artinya menyatakan sesuatu yang sebenarnya tidak ada/terjadi. Dengan kata lain, kata Mutawali memiliki arti orang yang pura-pura jadi wali padahal sebenarnya bukan wali.

Read more...

Go to top
JSN Boot template designed by JoomlaShine.com