Info: Gerakan radikal ISIS/IS mulai mengancam para pengikut tarekat di Irak. Bagdad yg dikenal sbg kotanya para sufi atau kota seribu malam membuat para pengikut tarekat tidak tinggal diam menghadapi ancaman ISIS. Mereka membentuk pasukan khusus yg dikenal Army of The Men of The Naqshabandi Order atau Jaysh Rijal at-Tarekat an-Naqshabandiya (JRTN). Pasukan yang tergabung dalam JRTN bertugas melindungi komunitas tarekat dan rakyat Irak yang tersebar di Baghdad dari ancaman ISIS. Mari kita doakan smg Allah memberikan perlindungan dan kemenangan kpd rakyat Irak pada umumnya dan komunitas ahli tarekat secara khusus.

Program Lelang Tanah Waqaf

Pembangunan Lantai 3

Kedatangan Tamu dari Perwakilan Tarekat Samaniyah Medan

Kedatangan tamu dari perwakilan Tarekat Samaniyah Medan.

Kajian Hadis 2

Kajian Hadis: Dari Abi Ya'la Syaddad ibn Aus ra. Nabi Muhammad Saw bersabda, Orang yg kuat yaitu org yg dapat menahan hawa nafsu dan beramal untuk kehidupan setelah mati. Sedangkan orang yg lemah yaitu orang yg mengikuti hawa nafsunya dan memiliki berbagai macam keinginan dan tuntutan kpd Allah. (HR. tirmidzi). Berbahagilah orang yg memiliki orientasi hidupnya di jalan Allah yaitu tidak mengikuti hawa nafsu dan senantiasa beramal untuk tabungan akherat. Merugilah org yg orientasi hidupnya hanya untuk memuaskan hawa nafsu dan sebatas meraih kesenangan duniawi semata. Ya Alllah bimbinglah kami pada jalan-Mu.

Kajian Tafsir, Surat al-Baqarah, 48

Kajian Tafsir, Surat al-Baqarah, 48: Dan takutlah kamu pada suatu hari yaitu yaumul mahsyar dimana seluruh umat manusia akan digiring pada satu tempat (padang mahsyar) utk mendapatkan balasan sesuai amalnya masing2. Perlu diketahui bahwa pada saat itu siapapun tdk bisa membalas dan menolong orang lain sedikitpun، setiap orang akan memperoleh balasan sesuai amal perbuatannya masing2. Perlu disadari betapa besar nikmat Allah yg diberikan kpd kita saat di dunia baik kesehatan maupun kekayaan, padahal nikmat tsb bisa dimanfaatkan mjd investasi akherat, namun byk sekali org yg tdk pandai mensyukurinya sehingga amanat kenikmatan (harta dan kesehatan) disalah gunakan dan akhirnya berubah mjd malapetaka bagi dirinya saat di yaumil mahsyar. Ya Allah bimbinglah kami pada jalan yg lurus.

Kantor al-Rabbani

Bismillah, menyelesaikan tugas yg tertunda di kantor al-Rabbani

Terimakasih, Mursyidku

Terimakasih kepada Mursyidku dan teman2 salikin dari munassiq KDW, Ciracas dan Pondok Gede yg telah hadir di al-Rabbani, semoga al-Rabbani berlimpah berkah dan bermanfaat untuk umat. Acara di aula lantai tiga gedung al-Rabbani yg masih tahap finishing.

Fasilitas Bagi Orang Berpuasa

Puasa Ramadhan memiliki beberapa keistimewaan:

1. Allah sendiri yang memberikan balasan kepada orang yang menjalankan puasa Ramadhan  

2. Allah akan memberikan dua kebahagiaan yaitu bahagia saat berbuka puasa dan bahagia saat berjumpa dengan Allah 

3. Allah memberikan fasilitas surga Rauyan bagi orang yang menjalankan puasa 

4. Allah akan menyelematkan dari neraka. 

Meningkatkan Kualitas Puasa

Rasulullah SAW bersabda, "Banyak orang berpuasa hanya memperoleh lapar dan dahaga." Hadits tersebut menyadarkan kita untuk melakukan interofeksi terhadap kualitas puasa kita. Dalam hal ini, Imam al-Ghazali memilah puasa menjadi tiga tingkatan: Pertama, puasa umum yaitu mencegah perut dan kemaluan dari syahwat. Kedua, puasa khusus yaitu mencegah seluruh anggota badan dari maksiat lahir dan batin. Ketiga, puasa khusus al-khusus yaitu menjaga hati dari mengingat sesuatu selain Allah. Dari tiga tingkatan puasa tersebut kita dapat mengaca bagaimana posisi puasa kita. Dengan demikian, kita akan terus mengoreksi diri untuk berusaha meningkatkan kualitas puasa kita menjadi lebih baik. Semoga Allah membimbing kita.

Wali dan Mutawali

Kata Wali secara terminologi adalah orang yang dicintai Allah atau kekasih Allah. Sedangkan Mutawali menurut tinjaun etimologi adalah bentuk isim fail mengikuti wazan khumatsi mazid "Tafa'ala" yang memiliki fungsi idharu ma laisa fi waqi' artinya menyatakan sesuatu yang sebenarnya tidak ada/terjadi. Dengan kata lain, kata Mutawali memiliki arti orang yang pura-pura jadi wali padahal sebenarnya bukan wali.

Read more...

Go to top
JSN Boot template designed by JoomlaShine.com